Kumpulan IDE dan Text Editor untuk Pengembangan Aplikasi


Dalam membuat program biasanya seorang programmer akan sangat bergantung dengan fitur yang disediakan pada Text Editor/IDE. Ada beberapa fitur yang wajib dimiliki oleh tools tersebut seperti
Autocomplete, Syntax Highlighting dan beberapa Fitur lainnya. Bahkan pada sebuah IDE terdapat fitur yang dapat digunakan untuk melihat riwayat perubahan suatu file, Terintegrasi Langsung dengan Database dan FTP.

Pada postingan kali saya akan menjelaskan beberapa aplikasi pemrograman yang paling umum dan biasa dimiliki oleh Programmer modern saat ini. Beberapa software yang disajikan merupakan software gratis namun ada juga yang berbayar. Oleh karena itu hanya beberapa saja yang akan saya berikan link unduhannya untuk mempermudah sobat mendapatkan Aplikasi tersebut. Berikut ini akan saya kelompokan menjadi 2 bagian yaitu IDE dan Text Editor.

Texteditor

1. Sublime Text


Sublime Text merupakan Text Editor yang paling sering saya gunakan. Salah satu hal yang saya sukai dari text editor ini adalah sangat Ringan. Tidak Terlalu membebani Komputer yang saya gunakan. Bahkan saya dapat menjamin software ini dapat berjalan dengan sangat lancar pada perangkat Netbook dengan spesifikasi terendah Sekalipun. Karena Sublime Text ini sangat sederhana dan Tidak Terlalu ribet, saya rasa software ini sangat bagus untuk belajar bahasa Scripting seperti PHP, Javascript, HTML, CSS DLL.

Kemudian Plugin Pada Aplikasi ini sangatlah banyak dan Jika Plugin Tersebut diinstalkan pada aplikasi ini maka benar-benar dapat memaksimalkan Produktifitas Sobat ketika mengembangkan sebuah Program. Aplikasi ini tersedia dalam beberapa versi yaitu Portable dan Non-Portable. Dengan adanya versi Portable Sobat bisa menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus menginstalnya dan juga bisa dibawa kemana-mana dengan Flashdisk.

Untuk Windows 32 Bit
Sublime Text 3 Portable 32 Bit ]  orSublime Text 3 Full 32 Bit ]

Untuk Windows 64 Bit
Sublime Text 3 Portable 64 Bit ] or [Sublime Text 3 Instalation 64 Bit ]

Untuk Ubuntu
$ sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/sublime-text-3
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install sublime-text-installer>

2. Atom Text Editor



Atom Text Editor merupakan software yang sama bagusnya dengan Sublime Text. Hanya saja Atom lebih berat dari pada Sublime Text. Meskipun begitu Atom menawarkan Plugin Jauh Lebih bervariasi daripada Sublime Text. Selain itu Pilihan Tema pada Atom sangat banyak dan sangat bagus. Saya sendiri secara pribadi lebih menyukai Atom ini dari segi Tampilan. Oleh karena itu berat pada Atom ini seakan terbayarkan lunas karena tampilannya yang bisa di Customize sebebasnya ketika bosan coding.

Untuk Windows
[ Download Atom Text Editor 32 Bit .exe ] or [ Download Atom Text Editor 64 Bit .exe ]

Untuk Linux
[ Download Atom Text Editor 64 Bit .tar.gz ] or [ Download Atom Text Editor 64 Bit .deb ]

Untuk Mac OS X
[ Download Atom Text Editor Mac OS X .zip ]

3. Brackets



Berbeda dengan yang sudah dijelaskan diatas, Brackets menawarkan fitur menarik yang belum dimiliki Text Editor Lainnya. Fitur Tersebut adalah Live Preview ketika Editing Code. Jadi ketika sobat membuat Web dengan HTML+CSS, apa yang sobat ketikan maka Browser akan melakukan Reload otomatis dan tampilannya Web Sobat berubah seketika sesuai dengan apa yang sobat ketikan. Hmm.. Benar-benar sangat membantu Produktifitas Sobat kan? Oleh karena itu Brackets ini sangat bagus ketika Proses pengubahan Design Photoshop menjadi Halaman Web.

4. Visual Studio Code



Tidak terlalu banyak yang saya ketahui tentang Visual Studio Code ini. Karena saya jarang menggunakannya. Meskipun begitu Visual Studio Code ini memiliki banyak Plugin. Selain itu karena software ini buatan Microsoft dan merupakan versi Mini Visual Studio tentu ada beberapa fitur yang sama dengan Visual Studio.

5. Notepad++



Pertama kali belajar HTML saya menggunakan Software ini. Menawarkan fitur dan tampilan yang sangat sederhana membuat software ini sangat bagus untuk belajar bagi pemula. Jika bosan sobat bisa menambahkan beberapa plugin menarik pada software ini.

IDE

1. Netbeans


Netbeans merupakan IDE yang dikhususkan untuk pengembangan Program dengan bahasa pemrograman JAVA. Dengan Netbeans sobat bisa membuat aplikasi seperti Aplikasi Dekstop cross-platform, Java Server Page, Aplikasi Java ME(Nokia S40/Handphone JAVA). Selain itu, sobat dapat menggunakan Netbeans ini untuk pemrograman C++ dan PHP. Sayangnya jika sobat ingin membuat Aplikasi Android Native sesuai panduan Google sobat tidak bisa menggunakan Netbeans ini. Sebagai alternatifnya sobat bisa menggunakan Gluon dengan menginstall Plugin Gluon agar Dapat mengembangkan Aplikasi Android pada Netbeans.

2. Visual Studio

Nama Visual Studio mungkin nggak asing buat sobat sekalian. Kenyataannya memang aplikasi IDE ini sangat populer bagi kalangan Programmer. Beberapa hal yang membuat software ini menarik adalah dukungan penuh dari Microsoft. Karena banyaknya aplikasi pengembangan yang dibuat oleh microsoft membuat Visual Studio ini Terintegrasi dengan beberapa Produk Microsoft lainnya seperti Azure, SQL Server DLL. Layaknya IDE modern Lainnya software ini tidak hanya mendukung pengembangan 1 jenis project saja namun bisa untuk membuat beragam Aplikasi berbagai Platfrom. Seperti Desktop (C# .NET /VB.NET), Mobile Programming (Xamarin), dan juga WEB (ASP.NET)

3. Intellij IDEA


Intellij IDEA hampir sama dengan Netbeans khusus Java. Hanya saja software ini sangat berat karena penggunaan RAM yang sangat boros. Jadi apabila sobat punya komputer dengan Spesifikasi pas-pasan jangan coba-coba deh, hehehe! Meskipun begitu Intellij IDEA ini benar-benar sangat canggih menurut saya. Benar-benar dapat memaksimalkan kerja sobat. Intellij IDEA ini memiliki fitur pengecheckan Error sama baiknya dengan Visual Studio.

Sobat bisa menggunakan Intellij IDEA ini untuk keperluan apa saja tak terbatas JAVA. Bisa PHP, Javascript, C/C++, NodeJS, Ruby, Python dengan menginstall Plugin yang sangat banyak disediakan.

Sedikit informasi nih sobat, Intellij IDEA merupakan aplikasi Premium jadi klo sobat mau pake Intellij ini bayar lisensinya ya. Tapi jangan berkecil hati, Intellij IDEA ini ada Veris Gratisnya yaitu Versi Community Edition. Sobat bisa pake itu hanya untuk pengembangan aplikasi JAVA tidak untuk yang lainnya. Karena untuk versi Comunity Edition ini sobat tidak bisa Menambahkan Plugin. Demikian beberapa Text Editor dan IDE populer yang saya gunakan.


Kesimpulan

Beberapa IDE lainnya mungkin belum saya masukan seperti Delphi, Android Studio, Aptana, Eclipse, Mono Develope, Komodo dan Dreamweaver karena saya tidak menggunakan tools tersebut dan jarang mencobanya untuk pengembangan Aplikasi. Oleh karena itu jika sobat pernah mencoba salah satunya sobat bisa share dikolom komentar nanti akan saya tambahkan pada tulisan ini.
Terima Kasih!!!

Share this

3 Responses to "Kumpulan IDE dan Text Editor untuk Pengembangan Aplikasi"