Langkah-langkah Defrag Hardisk Komputer di Windows 7

Hai sobat! Kali ini saya akan menshare cara medefrag Hardisk pada Windows 7.

Sobat yang belum tau apa itu defrag pasti akan banyak bertanya-tanya. “Apa sih itu Defrag?”, “Apa Manfaatnya?”, “Trus apa yang terjadi jika saya tidak melakukan defrag?” pertanyaan itulah yang sering timbul dalam pikiran kita.
Oleh karena itu sobat bisa membaca tentang kegunaan defrag di postingan saya yang lain “Seberapa membantukah Defrag Harddisk pada komputer Windows”.
Defrag pada Windows sangatlah mudah. Bahkan seorang pemula sekalipun, oleh karena itu anda tidak perlu kuatir komputer anda akan bermasalah dan terjadi kegagalan saat proses defrag.

Tanpa berbasa-basi langsung saja kita ke Langkah-langkahnya.

Langkah-langkah :

1. Pertama, Klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter. Jika tidak menemukan di accessories bisa juga melakukan pencarian langsung di Start Menu dengan Mengetikan “Disk Defragmenter” klik “Disk Defragmenter” jika muncul.


2. Kemudian sobat akan diperlihatkan daftar Partisi yang dapat di defrag. Terdapat 2 Tombol Pilihan yaitu Analyze Disk dan juga Defragment Disk. Untuk melakukan defrag kita mengklik tombol Defragment Disk.

Namun sesuai petunjuk yang ditampilkan sebelum melakukan defrag langkah awal yang harus dilakukan adalah memilih Analyze Disk terlebih dahulu kemudian dilanjutankan dengan mengklik Defragment Disk.


Proses Defrag biasanya membutuhkan waktu lumayan lama. Kecepatan tergantung seberapa banyak file yang tersimpan pada Harddisk dan jumlah file yang terpecah-pecah(fragmented). Selain itu yang memperngaruhi kecepatan defrag ialah sampah-sampah cache dan file yang masih tersimpan di Recycle Bin. Oleh karena itu akan lebih baik sebelum melakukan defrag, hapus data-data dan file sampah(junk) yang tidak perlu terlebih dahulu.

Kesimpulan

Lamanya proses defrag membuat komputer tidak maksimal jika dibarengi dengan aktifitas lain secara bersamaan. Untuk mengatasi itu saya mengatur defrag agar dapat dilakukan secara terjadwal otomatis setiap bulannya pada malam hari. Dengan begitu saya menjadi tenang. Karena ketika saya meninggalkan untuk tidur, keesokan harinya komputer saya sudah terdefrag.

Nah Demikian langkah-langkah melakukan Defrag pada Windows 7. Untuk Windows XP, Windows 8, dan Windows 10 akan menyusul.

Share this

0 Comment to "Langkah-langkah Defrag Hardisk Komputer di Windows 7"

Posting Komentar