PHP MySQL : Koneksi PHP ke Database Menggunakan MySQL Extension

Pada Postingan kali ini Saya akan Menjelaskan bagaimanakah Cara Mengkoneksikan PHP ke Database MySQL. untuk menghubungkan PHP ke Database MySQL sangatlah Mudah, cukup 3 baris saja. jika sobat menggunakan PHP 7 jangan ikuti Tutorial ini.

Tanpa Berbasa-basi mari kita langsung ke Penjelasannya.

Pertama Sobat Buat Dulu Database di MySQL bisa menggunakan Command CLI MySQL ataupun Langsung di phpmyadmin. Tapi saya merekomendasikan phpmyadmin untuk mempermudah penjelasan. sebagai contoh saya membuat Database dbsekolah.

Buat file koneksi.php pada project kerja. Setelah itu sobat cari tahu apa Host, Username dan Password dari MySQL sobat. secara default jika sobat install MySQL yang satu paket dengan XAMPP maka Hostnya localhost, Usernamenya adalah root dan Passwordnya kosongkan saja.

Berikut ini adalah syntax dasar dari koneksi database PHP ke Database MySQL. Setidaknya ada dua fungsi yang digunakan yaitu mysql_connect()
dan juga mysql_select_db().


<?php
mysql_connect(host, username, password);
mysql_select_db(database);
?>


mysql_connect() : berfungsi untuk mengkoneksikan PHP ke server MySQL.
mysql_select_db() : berfungsi untuk memilih database setelah mengkoneksikan PHP ke MySQL
Kode diatas jangan ditukar urutannya, seharusnya mysql_connect() terlebih dahulu kemudian diikuti dengan mysql_select_db(). Dan lihat fungsi mysql_connect() terdapat 3 parameter yang jika diurutkan yaitu host, username dan password. Kemudian sobat ganti itu menyesuaikan dengan host, username dan password MySQL yang sudah dijelaskan tadi.


<?php
mysql_connect("localhost", "root", ""); 
?>


Oke sobat lihat script diatas untuk parameter ketiga yaitu password saya kosongkan karena memang secara default kosong seperti yang saya jelaskan sebelumnya, Jika memang ada passwordnya ya gunakan password tersebut.

Nah Kemudian diikuti dengan fungsi mysql_select_db() untuk memilih database.


<?php
mysql_select_db("dbsekolah");
?>


Sehingga keseluruhan kode menjadi seperti berikut ini.

<?php
mysql_connect("localhost", "root", "");
mysql_select_db("dbsekolah");
?>

Kesimpulan

Penggunaan MySQL Extension untuk menghubungkan PHP ke MySQL memang sangatlah mudah. Hanya saja untuk saat ini fungsi-fungsi pada MySQL Extension sudah dinyatakan deprecated atau usang alias pengembangan dihentikan dan digantikan dengan cara yang lain. jika sobat menggunakan PHP 7 sobat tidak bisa menggunakan MySQL Extension dan harus segera beralih menggunakan MySQLi atau PDO.



Share this

0 Comment to "PHP MySQL : Koneksi PHP ke Database Menggunakan MySQL Extension"

Posting Komentar